Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah – Bagi warga NU membaca sholawat merupakan salah satu amalan yang sangat sering lakukan.

Karena dengan membaca sholawat kita berharap syafaat dari kanjeng Nabi Muhammad SAW baik untuk di dunia maupun diakhirat kelak, oleh karena itu sholawat menjadi sebuah amalan rutin bagi setiap penganut paham ahlus sunnah wal jama’ah.

Dalam sebuah hadits Rasulullah saw telah bersabda: ”Bagi siapa yang membaca shalawat untukku, maka Allah akan membalasnya dengan 10 kebaikan, diampuni pula 10 dosanya, dan akan ditambah 10 derajat baginya”.

Ada banyak bacaan sholawat yang dapat dijadikan amalan antara lain yakni Sholawat Munjiyat, sholawat Fatih dan sholawat lainnya.

Membaca sholawat selain berharap syafaat juga merupakan salah satu bukti kecintaan kita kepada kanjeng Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Sholawat Nariyah

Bacaan sholawat nariyah

Sholawat Nariyah merupakan salah satu dari sholawat yang paling sering digunakan sebagai wiridan, karena sholawat ini mempunyai segudang manfaat dan fadhilah bagi pembacanya.

Nah, buat kalian yang belum hafal dengan bacaan sholawat Nariyah di bawah ini sudah kami tuliskan bacaan sholawat nariyah secara lengkap.

Bacaan Sholawat Nariyah Arab

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Bacaan Sholawat Nariyah Latin

“Allahumma shali shalaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhaa bihil hawaa-iju.

Wa tunaalu bihir-raghaa-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqal ghamaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka.”

Arti Sholawat Nariyah

Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw.

Yang dengan asbab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih.

Dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

Keutamaan Shalawat Nariyah

Beberapa keutamaan shalawat nariyah bagi pengamalnya dapat kalian lihat di bawah ini.

Memudahkan Segala Urusan

Barang siapa mengamalkan sholawat Nariyah insyaAllah akan dimudahkan segala urusannya.
Dalam sebuah hadits telah diriwayat oleh Ibnu Mundah, dari Jabir telah mengatakan:

“Rasulullah SAW bersabda: Siapa membaca shalawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain): Siapa membaca shalawat kepadaku 100 kali maka Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya; 70 hajatnya di akhirat, dan 30 di dunia.” (HR. Ibnu Mundah).

Cepat Terkabulkan Hajatnya

Seorang Syekh yang bernama Al Qurthuby telah menyampaikan tentang keutamaan sholawat ini yang isinya ialah:

Apabila sholawat nariyah dibaca 4.444 kali dalam satu majlis (sekali duduk), maka akan ditunaikan semua hajatnya yang besar dan dibebaskan dari musibah yang sangat membahayakan.”

Pembuka Pintu Rezeki

Apabila Shalawat Nariyah dibacakan setiap sehabis melaksanakan sholat fardu maka insyaAllah rezekinya tidak akan terputus.

Imam Dainuri telah mengatakan bahwa barang siapa yang telah membaca shalawat Nariyah sebanyak 11 kali setelah mengerjakan sholat fardu, maka InsyaAllah pintu rezeki akan terbuka dengan luas.

Nah, itulah sebagai dari beberapa keutamaan sholawat Nariyah, sebenar keutamaannya sholawat ini masih begitu banyak.

Penutup

Itulah mengenai bacaan sholawat Nariyah yang dapat bukajobs.id sampaikan, semua kuataman yang ada pada sholawat ini janganlah menjadi niyat untuk kita mengamalkan atau membaca sholawat, akan tetapi niyatkan semuanya itu karena kecintaan kita kepada kanjeng Nabi Muhammad Saw.

Sekian dan terima kasih.